Rabu, 08 Juni 2011

Fungsi Saluran Distribusi

Tugas saluran distribusi memindahkan barang dari produsen ke konsumen. Hal ini dilakukan untuk mengatsi kesenjangan waktu, tempat dan kepemilikan yang memisahkan barang dan jada dari orang-orang yang membutuhkan atau menginginkannya. Oleh karena itu, anggota-anggota saluran distribusi melaksanakan sejumlah fungsi-fungsi utama dan terlibat dalam aliran kegiatan pemasaran sebagai berikut menurut Kotler (2010:112):
  • Mengumpulkan informasi mengenai calon pelanggan dan pelanggan sekarang, dan pelaku dan kekuatan lainnya dalam lingkungan pemasaran tersebut.
  • Mengembangkan dan menyebarkan komunikasi persuasif untuk merangsang pembelian.
  • Mencapai kesepakatan mengenai harga dan ketentuan-ketentuan lain sehingga peralihan kepemilikan dapat terlaksana.
  • Melakukan pemesanan kepada produsen.
  • Memperoleh dana untuk membiayai persediaan pada tingkatan yang berbeda dalam saluran pemasaran.
  • Menanggung resiko yang berhubungan dengan pelaksanaan fungsi saluran.
  • Mengatur kesinambungan penyimpanan dan perpindahan produk-produk fisik.
  • Mengatur pelunasan tagihan kepada pembeli melalui bank dan lembaga keuangan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar