Tugas saluran distribusi memindahkan barang dari produsen ke konsumen. Hal ini dilakukan untuk mengatsi kesenjangan waktu, tempat dan kepemilikan yang memisahkan barang dan jada dari orang-orang yang membutuhkan atau menginginkannya. Oleh karena itu, anggota-anggota saluran distribusi melaksanakan sejumlah fungsi-fungsi utama dan terlibat dalam aliran kegiatan pemasaran sebagai berikut menurut Kotler (2010:112):
- Mengumpulkan informasi mengenai calon pelanggan dan pelanggan sekarang, dan pelaku dan kekuatan lainnya dalam lingkungan pemasaran tersebut.
- Mengembangkan dan menyebarkan komunikasi persuasif untuk merangsang pembelian.
- Mencapai kesepakatan mengenai harga dan ketentuan-ketentuan lain sehingga peralihan kepemilikan dapat terlaksana.
- Melakukan pemesanan kepada produsen.
- Memperoleh dana untuk membiayai persediaan pada tingkatan yang berbeda dalam saluran pemasaran.
- Menanggung resiko yang berhubungan dengan pelaksanaan fungsi saluran.
- Mengatur kesinambungan penyimpanan dan perpindahan produk-produk fisik.
- Mengatur pelunasan tagihan kepada pembeli melalui bank dan lembaga keuangan lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar